Indonesia Ranking 3 Negara Rawan Banjir

Nasional / 6 January 2010

Kalangan Sendiri

Indonesia Ranking 3 Negara Rawan Banjir

Tammy Official Writer
2656
Selain India dan Cina, Indonesia adalah negeri ketiga di dunia yang rawan banjir. Jika banjir di India dan Cina disebabkan oleh luapan sungai dan laut, sedangkan di Indonesia justru lebih banyak terjadi disebabkan oleh luapan sungai.

Meski demikian, menurut Muhammad Aris Marfai, peneliti pada Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) UGM diprediksikan banjir akibat meluapnya air laut dipastikan akan melanda Indonesia juga seiring adanya perubahan iklim global. "Banjir laut sekarng sudah mulai melanda Semarang dan Jakarta," tegas Aris Marfai.

Tetapi selain penyebab tadi, ada faktor-faktor lain penyebab banjir seperti faktor kondisi curah hujan tinggi, sebagian tanah tak lagi mampu menyerap air dengan baik, dan perubahan penggunaan tanah. Dan untuk mengurangi resiko bencana atau untuk mengatasi ancaman bencana, anggota peneliti PSBA Lies Rahayu WF menyoroti pentingnya gerakan pendidikan kebencanaan yang implementasinya dapat menggunakan bermacam media seperti audio (siaran radio), visual (poster, leaflet, booklet, surat kabar) serta juga audio visual.


Sumber : mediaindonesia/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami